Oleh | 3 February 2013 | 16:33

sekolah asar

Cara Mengisi Jumlah Jam Mengajar Kepala Sekolah Dasar di Aplikasi Pendataan selalu menjadi permasalahan para Oerator sekolah. Karna dalam pengecekan data ptk sering terjadi kekurangan jumlah jam mengajar.

Beberapa hari ini saya mendapat email dan chat yang menayakan bagaimana Cara Mengisi Jumlah Jam Mengajar Kepala Sekolah Dasar di Aplikasi Pendataan karena para operator sekolah dasar banyak mengalami eror di JJM kepala sekolah.

Dari pengalaman saya mengisi aplikasi pendataan dapodik kepala sekolah yang menjabat di sekolah dasar Total Jam Mengajar Sesuai 18. Ini berarti JJM Sesuai masih kurang dari 24 jam. Tapi hal ini tidak terjadi di sekolah yang kepseknya ikut mengajar misalnya SDN Wulele Jaya dan SDN Wonua Maroa yang jumlah gurunya memang sedikit dan PNSnya hanya kepala sekolahnya saja.

Kembali ke Cara Mengisi Jumlah Jam Mengajar Kepala Sekolah Dasar di Aplikasi Pendataan. Sekarang bagaimana solusinya bagi sekolah yang mempunyai cukup guru.
Berikut hal yang harus di perhatikan adalam mengisi Jumlah Jam Mengajar Kepala Sekolah Dasar di Aplikasi Pendataan

1. Kepala Sekolah SD Di Mapping Di Rombel khusus Kls Tinggi (4,5,6)

2. Mapel Yag Diampu Adalah mapel Yg Diajarkan Guru Kls Seperti PKn,BINDO,IPA,IPS,MTK,SBK.

3. Tugas Tambahan Kepala Sekolah Cukup 18 Jam

4. Cara Penentuan Jamnya tinggal bagaimana anda memlih mapel utk KS tsb!!! contoh SBK bisa saja ngambil kelas 4 dan 5 jumlahnya jdi 8 jam… krna SBK 4 jam tuk kelas tinggi! atau misal IPS bisa saja cuma di 2 rombel Karena IPS 3 jam..!!

5. 6 Jam Minimal Sudah Cukup Bagi KS Jika Di 2 Rombel Sudah Mencukupi Maka Tak Perlu Lagi Mapping Ke Rombel Yg lain Jadi Bukan harus Semua Rombel 4, 5, 6 tpi memilih..!! bisa semuanya bisa salah satu

6. Jangan Isi Ks Di Maping Rombel Dengan Mata Pelajaran “Guru Kelas SD/MI” Tapi Mapel Sesuai Yg Diajarkan Karena Rombel Akan Menjadi Tidak Normal, JJM Akan Berlipat Ganda

7. Jangan Isi Ks Dengan Mapel Mulok Karena Mapel Mulok Banyak Ragamnya

8. Jangan Isi Ks Dengan Mapel PAI Dan PJOK Karena Mapel Itu Khusus Yang Sertifikasi Dengan Mapel Tersebut.

9. Itu beberapa Aturan Main Sekarang & Pertimbangan Yg Harus Dilihat dalam Penentuan KS Sertifikasinya Linear Atau Tidak. Jangan Terlalu Bergantung Ke Pengecekan PTK.

Ini adalah hasil jam mengajar kepala sekolah : tgl 31/03/2013

dan

Semoga bermanfaat

186 Komentar.

  1. Nuromsyah MS says:

    mohon infox ,,Untuk KS dengan Sertifikasi Bidang Studi Guru kelas, cara mengisinya di aplikasi dapodik gmn pk…???

  2. Sutisna says:

    Ass. sy mau tanya gimana dengan guru agama islam. cara memasukan jam mengajarnya di aplikasi dapodik. dia dimasukan dirombel berapa?

  3. muhamad qyu says:

    kok jam linear pada kosong sich pak, yang gak cuma yang sedang proses sertifikasi, apakah jam linear khusus yang sedang/sudah sertifikasi guru pak? mohon penjelasannya, terimaksih

  4. muhamad qyu says:

    kok jam linear pada kosong sich pak, yang gak cuma yang sedang proses sertifikasi, apakah jam linear khusus yang sedang/sudah sertifikasi guru pak? mohon penjelasannya, terimaksih

  5. muhamad qyu says:

    kok jam linear kosong sich pak, apakah jam linear khusus yang sedang atau sudah sertifikasi?

  6. muhamad qyu says:

    kok jam linear kosong sich pak, apakah jam linear khusus yang sedang atau sudah sertifikasi?

  7. Rina Isnawati.W says:

    aduh makasi banyak ya pak….dari kemarin saya bingung ngisi jjm kepsek yg ga linier..
    saya juga guru kelas SD tapi masih honor, jjm nya 24 kok ndak linier ya pak?

  8. Rudianto says:

    Kepsek saya kode bidang sertifikasinya “Bidang Studi Lainnya” kode 061. Untuk jam tambahannya supaya 24 jam sebaiknya pegang mapel apa ya pak? soalnya ini di JJM Liniernya kosong. terimakasih

  9. Sutisna says:

    Pak mmau tanya, kalau kepsek mengajar di kelas misalnya ambil 2 jam dikleas 4. apakah tidak perlu ditulis mata pelajarannya. misalnya PKn. tolonmg balas diemail saya

  10. imam riyono says:

    pak ditempat saya guru kelas 5 nya, kode sertifikasinya PKN mengajarnya guru kelas, ko JJM liniernya 0 padahal sudah sertifikasi

  11. lukman says:

    pak maaf mau tanya ni,, untuk yang di aplikasi pendataan itu da di mana letak JJM, JJM KTSP, JJM Linear ???
    yg sy tau hanya jam mengajar / minggu ja pda robongan belajar!!!
    mohon bantuannya terima kasih

    • jika di aplikasi pendataan
      JJM terletak di Pembagian jam tiap rombel dan tugas tambahan
      JJM KTSP di isi langsung dari standar KTSP pak
      JJM linier itu di bagian PTK bagian sertifikasi pak :)

  12. maaf saya mohon pencerahan, Kepsek saya sertifikasinya guru agama islam, bagaimana cara menambah jjm nya supaya lineer 24, sebaiknya mata pelajaran apa pak? saya isi agama islam di rombel 1 dan 2, tetap tidak lineer. trims atas bantuaannya

  13. Andy Sugilar says:

    maaf pa..kalau untuk kode sertifikasi guru kelas SD/MI (kode 027) untuk bisa terisi JJM lInearnya bagaimana ya pa? di rincian jam mengajar nya kok tidak seperti tampilan yang di screenshoot sama bapa…(saya kesulitan mau menampilkan gambarnya pa)

    • Untuk seluruh KepSek SD
      silahkan mengisi mapel apa saja (pkn, mtk. bindo, ipa, ips) pada kelas
      tinggi .. system sedang melakukan sinkron tuk
      kasus kepsek mohon harap menunggu pak :)

  14. salam dapodik…gimana nie pak.. ks.saya mengajar matematika kls 456 masing2,,dua jam..tapi kenapa jam jjm nya masih 0,,makasih pak

    • Salam dapodik pak :D
      Untuk seluruh KepSek SD
      silahkan mengisi mapel apa saja (pkn, mtk. bindo, ipa, ips) pada kelas
      tinggi .. system sedang melakukan sinkron tuk
      kasus kepsek mohon harap menunggu.

  15. kepsek saya mengajar matematika kelas 456,,masing2 dua jam,,,tapi kenapa jjm nya msh 0.

    • Untuk seluruh KepSek SD
      silahkan mengisi mapel apa saja (pkn, mtk. bindo, ipa, ips) pada kelas
      tinggi .. system sedang melakukan sinkron tuk
      kasus kepsek mohon harap menunggu.

  16. fier says:

    mohon penjelasan pak, Kepsek saya pada rincian jam mengajar sudah ok 24 jam (18 jam tugas tmbahan sbg kepsek dan 6 jam mengajar mulok bhs daerah & PLH di 3 klas berbeda masing2 2 jam) tapi kenapa di poin 20. total jam mengajar sesuai masih tertulis 18 jam sehingga belum ok!

    • Untuk seluruh KepSek SD
      silahkan mengisi mapel apa saja (pkn, mtk. bindo, ipa, ips) pada kelas
      tinggi .. system sedang melakukan sinkron tuk
      kasus kepsek mohon harap menunggu.

  17. wike says:

    met pagi…mo tnya ks sd saya jjm 18 tidak muncul 24jm,padahal sertifikasiya guru agama dan kurangannya yang 6 jm sudah saya masukkan guru agama kelas 4,5…3 jm….tolong solusinya gmn???mksh

  18. deby festian says:

    maaf..kepsek saya sertifikasinya pendidikan agama kristen tapi di kode sertifikasinya tidak ada alias kosong, mohon pencerahannya..trims

  19. mustika says:

    aslaikum pak sy operator SD yg kesulitan menambah jJM mohon bantuanx bagaimana cara mengisi rombel dgn benar
    makasi pak

  20. sumarno says:

    bagaimana cara mendapatkan aplikasi pendataan

  21. emanuel sarji says:

    klas 3 saya kasih 24 jam di sd sonorejo 2keterangan bawah kok masih tidak normal itu kenapa

  22. syifa says:

    d SD saya untuk guru kelas dan KS itu 24 jam untuk kls I-III dalam rincian JM dikolom normal sudah “Ya” tapi untuk guru kelas IV-VI serta KS d kolom normal “tidak” tolong ya supaya keterangannya jd “Ya” makasih.

  23. syifa says:

    d SD saya untuk guru kelas dan KS itu 24 jam untuk kls I-III dalam rincian JM dikolom normal sudah “Ya” tapi untuk guru kelas IV-VI serta KS d kolom normal “tidak” tolong ya supaya keterangannya jd “Ya” makasih.

  24. yanti says:

    pak mohon bantuannya, pada data rombel sekolah kami pelajaran mulok bhs daerah, mulok potensi daerah dan tik jjm ktsp nya tertera nol sehingga rombel tidak normal, bagaimana supaya bisa dinyatakan normal? apakah rombel tidak normal akan bermasalah dengan tpp nya meski jam sudah memenuhi 24 jam/minggu. terimakasih banyak pak

  25. indarti says:

    mohon maaf kami sudah mencoba untuk mengisi jam Kep sekolah seperti yang bapak sarankan tetapi itu mengurangi jam mengajar guru kelas lainnya. misal ks mengambil pkn kelas 5 otomatis jjm guru kelas 5 terkurangi menjadi 23 jjm. atau kondisi nya tidak normal untuk guru kelas 5. saran bapak itu sifatnya gambling. thanks

    • Kita tidak bisa mengatakan kalau data itu benar atau salah secara sepihak buk, p2tkdikdas selalu berubah2 karna belum final, jelas tertulis ketidak wajar di di batkan karena ada dua guru yang mengajar satu mata pelajaran yang sama dalam satu rombel, wait and see aja dlu :)

      • guntara says:

        waaaaah.. aplikasi yang belum final ko dipakai yah, honor tidak diperhatikan ditambah operator selalu disalahkan ya pak..

  26. M.TAQYUDDIN says:

    asss..mohon penjelasnnya kenapa JJM sesuai kurang nilainya, yaitu 4 jam saja sedangkan di JJL jg tidak sesuai yaitu 4 jam, sementara yang kami isi 24 jam, khusus untuk guru PJOK dan PAI. mohon solusinya pak. terimakasih

  27. M.TAQYUDDIN says:

    oh..ya pak, kenapa kode sertifikasi untuk mata pelajaran pendidikan agama islam tidak tercover dalam dapodik yang kami kirim padahal sudah terisi di kode sertifikasi bidang studinya….? dan bagaimana jika JJM untuk guru khusus PJOK dan guru Agama di sekolah tidak memenuhi 24 jam. terimaksih.mohon penjelasannya.

  28. danang says:

    kalau di bawah ada tulisan merah sudah memenuhi syarat dan berhak menerima tunjangan profesi berarti proses entry data sudah benarkah???

  29. Alam Suhari says:

    Pak ada kasus disalah satu sekolah ada dua orang guru agama yang satu honorer tapi bersertifikasi dari DEPAG sedangkan yang satunya Guru Agama PNS Non sertifikasi (sertifikasinya sedang dalam proses)
    Pertanyaannya sebaiknya dipilih yang mana pak yang mengajar guru agama? karena dari kelas 1-6nya cuma 1 rombel pak jadi totalnya ada 6 rombel…
    Mohon sarannya pak

  30. sani says:

    mas chandra apa rombelnya Normal, trus JJM KTSPnya jadi banyak, apa tidak masalah nantinya?

    • Untuk memecahkan masalah JJM, JJM KTSP dan JJM Linear!!
      di Struktur Kurikulum PP. 22 Tahun 2006 tentang Alokasi Waktu KTSP SD/MI.
      Kelas 1= 26+4=30 jangan lebih dari jumlah yg tercantum
      Kelas 2= 27+4=31 jangan lebih dari jumlah yg tercantum
      Kelas 3= 28+4=32 jangan lebih dari jumlah yg tercantum
      Kelas 456= 32+4=36 jangan lebih dari jumlah yg tercantum

      Contoh Kelas 1:
      Guru Kelas 24 Jam
      Agama 2 Jam
      Penjas 2 Jam
      Mulok 2 Jam
      Jumlah 30 Jam/Minggu
      B.Inggris tdk termasuk/abaikan saja di kurikulum tdk ada mata Pelajaran tersebut

      Contoh Kelas 2:
      Guru Kelas 24 Jam
      Agama 3 Jam
      Penjas 2 Jam
      Mulok 2 Jam
      Jumlah 31 Jam/Minggu
      B.Inggris tdk termasuk/abaikan saja di kurikulum tdk ada mata Pelajaran tersebut

      Contoh Kelas 3:
      Guru Kelas 24 Jam
      Agama 3 Jam
      Penjas 3 Jam
      Mulok 2 Jam
      Jumlah 32 Jam/Minggu
      B.Inggris tdk termasuk/abaikan saja di kurikulum tdk ada mata Pelajaran tersebut

      Contoh Kelas 456:
      Guru Kelas 25 Jam
      Agama 3 Jam
      Penjas 4 Jam
      Mulok 2 Jam
      B.Inggris 2 Jam
      Jumlah 36 Jam/Minggu
      B.Inggris bisa masuk walaupun tdk ada dalam Kurikulum di kelas 456, yang terpenting 36 jam/minggu terpenuhi..

  31. hassan says:

    Mohon pencerahannya, untuk kepsek sd knapa tidak mau di drag kedalam rombel?? trims atas pencerahannya..

  32. lukman says:

    maboookkk gr2 JJM :)

  33. lukman says:

    maboooook mkirin JJM :)

  34. lukman says:

    đɪ̣̝̇ɪ̣̝̇ sekolah saya murid Ωγɑ̤̥̈̊ 300 , jdi setiap kelas dbuat 2 rombel semua. 1a,1b-2a-2b dst. Untuk guru kelas 1b-6b JJM Ωγɑ̤̥̈̊ dikasih brpa jamm ? Mohon pencerahanx mz !!! Thnkz :D

  35. shelia says:

    kepsek saya kode sertifikasinya 061, pada rombel mengajar pkn kelas 4,5,6 tp pada jjm linier yang keluar 18?
    bagaimana solusinya pak? apa kode bid.studi lainnya tdk bisa mengajar mapel guru sd?

  36. Zacom says:

    Pak Jumlah Jam mengajar sesuai kok kosong ya padahal datanya udah di isi ?
    mohon penjelasan pengisiannya
    terima ksih

  37. Jimbling says:

    Pak mau tanya, kalau guru Agama yang ngajar di dua sekolah untuk memenuhi JJM, ngisinya gimana ya Pak .. ?

  38. Dedy says:

    Assalam.
    Pak saya mau tanya bagaimana pengisian JJM, JJM KTSP, linear untuk guru SMP yang mengajar 2 sekolah? saya bingung memasukkan jumlah jam nya. terima kasih

  39. Deddy says:

    Assalam,
    Pak saya butuh informasinya, bagaimana mengisi JJM, KTSP dan Linear untuk guru yang mengajar dua sekolah terutama untuk guru yang sudah sertifikasi, bagai mana cara mengisi di aplikasi pendataannya. terima kasih,
    Wassalam.

  40. sunardin says:

    Assalamu Alaikum mau tanya pak kalau keteranganya seperti ini pak (Dari total 28 jam linier terdapat 28 jam di rombel tak wajar.) gmana cara memperbaikinya.

  41. sunardin says:

    Assalamu Alaikum pak mau tanya jika keterangannya seperti ini :D ari total 28 jam linier terdapat 28 jam di rombel tak wajar. bagaimana cara memperbaikinya..Makasi

  42. sunardin says:

    Assalamu Alaikum..mau tanya pak jika keterangannya seperti ini yang berwarna merah: Dari total 28 jam linier terdapat 28 jam di rombel tak wajar. bagaimana cara memperbaikinya. mkasi pak

  43. nina says:

    pak, untuk jjm sesuai masih 18 padahal kepsek (SD) sudah mengiji 2 jam untuk 3 rombel.. agar jjm sesuai jadi 24 harus bagaimana?

  44. nina says:

    pak kalau kepsek mengisi sebagai guru SBK boleh tidak? data tersebut sudah dikirim, jika memang harus mengajar 5 struktur mapel kelas sprti pkn mat Bind ipa atw ips, apa boleh ganti mapel dan dikirim ke server lagi?

  45. seniaty says:

    sampai kapan batas pengiriman data dapodik semester 2,karena saat q periksa data cek data guru pada dapodik ada 2 guru yang masdih ada info jam tk wajar

  46. seniaty says:

    sampai kapan batas pengiriman data dapodik smster 2,krena ada 2 guru yg jumlah jam linier tk wajar dan walau demikian ada keterangan memenuhi syarat,tpi q ingin merefisi lgi diaplikasi siapa tau ada kesalahn tpi q takut tk boleh lagi mengirim karena sdh terakhir khbarnya akhir maret ni,mhn pencerahannya?trimksh

  47. wiwied says:

    slamat malam pak. saya mau nanyak pak. gmna dgn jjm bagi guru bhs.Inggris sekolah dasar yg sudah sertifikasi bhs. inggris.karena datanya blom valid.mohon kejelasannya pak..

  48. Ria Risdina says:

    Assalamualaikum…
    Pak, KS saya kode bidang sertifikasi di dikdas tertulis 061-bidang studi lainnya
    padahal di dapodik itu 027-guru kelas SD. itu gmn ya? mohon bantuannya..

  49. Ria Risdina says:

    Assalamualaikum…. mau tanya nih Pa, Kepsek saya di dikdas tertera kode bidang sertifikasinya 061-guru bidang studi lainyya. padahal di dapodik itu guru kelas SD. itu gmn ya? :)

  50. made sudarma says:

    slmt pagi pak……sy mau tanya untk kepala sekola pada data ROMBEL di isi apa pak?sdangkan kepala sekolah kami mengajar IPS 6 jam di klas 6A dan 6 B? bleh di kosongin gak?

Leave a Reply


Copyright © 2012 Fabseries themes - Theme previews.