Oleh | 5 March 2013 | 15:34

Uji kompetensi guru (UKG) tahun ini dipastikan berbeda dengan tahun sebelumnya. Bedanya, terletak pada pemanfaatan teknologi dalam ujian itu. Tahun lalu UKG masih menggunakan sistem ofline, namun tahun ini sudah lebih cangih.
Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sultra, Drs. Bambang Tawardi, M.Si., mengungkapkan UKG Online merupakan pra syarat dalam penentuan calon sertifikasi guru. Artinya, kalau ingin jadi peserta guru calon sertifikasi harus lulus UKG itu. Rencananya, UKG akan dilaksanakan tanggal 2-12 April 2013, sesuai surat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu (BP-SDMPK-PMP) tertanggal 1 Maret 2013.

“Secara teknis, pelaksanaan UKG Online hampir sama tahun lalu. Soal akan langsung diberikan secara online dari server Kemendikbud ketika guru sudah login ke sistem UKG Online. Setelah ujian selesai, guru bisa langsung melihat hasil uji kompetensi, ini dilakukan sebagai wujud transparansi program sertifikasi guru,” kata Bambang dalam keterangan tertulisnya, kemarin (4/3).

Dari 12 kabupaten/kota di Sultra, baru empat kabupaten melakukan UKG online, yakni Kota Kendari, Baubau, Kabupaten Konawe, dan Kabupaten Kolaka. Sementara delapan kabupaten lainnya, masih sebatas uji coba atau baru pertama kali dilakukan. Kondisi ini mengharuskan LPMP dan diknas kabupaten dimaksud harus melakukan persiapan, kalau tidak ingin kewalahan bila saatnya tiba.

“Kabupaten Konawe Selatan, Bombana, Konawe Utara, Kolaka Utara, Buton Utara, Wakatobi, Buton, dan Kabupaten Muna masih tahap uji coba UKG online. Tantangannya, selama ini guru hanya mengenal UKG off line, sehingga bisa jadi akan menjadi kaku saat mengikuti UKG online. Minimnya fasilitas internet, tenaga IT, serta sarana lainnya, juga menjadi pemicu munculnya kendala itu. Namun semua bisa diantisipasi jika pemerintah kabupaten turun tangan membenahi,” ungkapnya.

Mengenai kekhawatiran sebagian guru, mengaku masih gaptek TIK, Bambang menyatakan tidak perlu ada kekhawatiran berlebihan. Soalnya, UKG Online tidak membutuhkan pengetahuan TIK yang mendalam, lagi pula sebelum pelaksanaan ujian akan ada briefing tentang teknis pelaksanaan. Selain itu pengawas ruang dan teknisi UKG akan membantu jika guru mengalami kesulitan secara teknis.

“Kita himbau para guru mulai saat ini mesti mengenal TIK lebih mendalam. Tentu, tetap meningkatkan pengetahuan pedagogik dan profesional sesuai bidang ilmunya, sambil menunggu jadwal UKG online,” ujarnya.

Setelah penetapan hasil UKG, dinas pendidikan kabupaten/kota akan mengirimkan berkas usulan sertifikasi guru bagi guru yang lolos dalam UKG Online ke LPMP untuk dilakukan verifikasi berkas. Setelah itu, LPMP akan melakukan penetapan peserta sertifikasi guru dengan pemberian nomor peserta dan pencetakan format A1 sebagai dokumen sah. Selanjutnya LPMP akan mendistribusikan format A1 melalui dinas pendidikan kabupaten/kota masing-masing untuk diberikan kepada guru yang bersangkutan.

“Guru yang telah memiliki format A1 selanjutnya akan menjalani Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) di LPTK yang ditunjuk oleh Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG). Tempat penyelenggaraan PLPG ditentukan berdasarkan bidang studi sertifikasi yang tertuang dalam format A1 dan program studi yang dimiliki LPTK. Implikasinya, tidak semua guru akan melaksanakan PLPG di daerah ini,” ungkapnya, sambil menyebut, sebagai contoh bidang studi guru kelas SD dimungkinkan PLPG di Universitas Haluoleo, sedangkan bidang studi lain khusunya jenjang SMK akan melaksanakan PLPG di luar Sultra.

Ditambahkan, salah satu perubahan mendasar dari pelaksanaan PLPG tahun 2013 adalah pemberian modul/bahan ajar kepada guru sebelum pelaksanaan PLPG. Disamping itu, guru diberi informasi tentang proses PLPG dan tugas-tugas yang harus diselesaikan. Tujuannya, supaya mereka mempunyai waktu yang cukup untuk mempelajari dan mempersiapkan diri secara matang dalam mengikuti PLPG.

“Soal informasi tentang nama-nama yang harus ikut UKG, kisi-kisi, dan hal lain terkait sertifikasi guru bisa menghubungi dinas pendidikan kabupaten/kota masing-masing,” tandasnya. (cr3/KP)

4 Komentar.

  1. pak dar says:

    Semoga sukses.

  2. Nia says:

    Kisi-kisi soal UKG 2013 sudah ada belum? kalau ada minta link buat mendownloadnya

Leave a Reply


Copyright © 2012 Fabseries themes - Theme previews.